KAMMI Kaltim Bahas Kesiapan Pilkada Serentak Kaltim

Lapis-Lapis Keberkahan di Hari Kemerdekaan
August 17, 2015
KAMMI Daerah Gagas Aksi Damai Tolikara
August 19, 2015

Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kaltim tahun ini lebih menarik. Kebijakan pilkada serentak menjadi topik yang tak lepas dari obrolan masyarakat. Dengan demikian perlu diketahui seberapa besar kesiapan penyelenggaraan pilkada serentak di Kaltim. Hal inilah yang mendorong Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) wilayah Kaltim menggagas Diskusi Publik pada Selasa (18/8) pagi.

Mengangkat tema “Kesiapan Pemilihan Kepala Daerah Serentak di Kaltim”, diskusi publik mampu menghadirkan puluhan massa. Diskusi Publik bertempat di gedung AFI Jalan M, Yamin Samarinda. Sebagai pembicara, tampil Saipul (Ketua Banwaslu), Taufik (Ketua KPU Kaltim) dan Purwadi (Akademisi Unmul).
Pilkada serentak hadir atas kesepakatan terbaru pemerintah dengan DPR RI dalam rancangan UU tentang perubahan atas UU Nomor 1 tahun 2014 tentang pemilihan gubernur, bupati dan walikota. Pilkada serentak merupakan sistem baru yang dihadapi oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU). Gelombang pertama pilkada serentak akan berlangsung pada Desember 2015 ini.

Diskusi berjalan dinamis. Para peserta menyoroti berbagai masalah pilkada seperti money politic , pemasangan atribut hingga rekayasa calon boneka. Bahkan salah seorang peserta, Mujahid, menantang para penyelenggara pemilu untuk berdiskusi langsung dengan mahasiswa. “Akan baik ketika para pemimpin daerah bisa memaparkan visi dan misi di depan para mahasiswa,” ujarnya.

Dikatakan Abdi, diskusi publik merupakan bagian dari kegiatan muskerwil. “Tujuan diadakannya adalah sebagai pencerdasan dan upaya pengawalan penyelenggaraan pilkada mendatang,” ujar Ketua Panitia tersebut. Harapan Abdi, seluruh mahasiswa dan elemen masyarakat turut berpartisipasi aktif pilkada untuk menekan angka golput saat pemilihan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Bergabung