KAMMI, Rayakan Qurban dengan Masyarakat Desa Benanga

Hikmah Berqurban
September 9, 2016
Ikut Bantu Korban Banjir, KRC KAMMI Kaltim Himpun 18 Juta
October 10, 2016

Hari raya Idul Adha menyiratkan makna berbagi dan keikhlasan untuk berkorban bagi kaum muslimin. Itulah sepenggal hikmah yang ditunaikan oleh kader dan pengurus Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) wilayah Kaltim dalam hari raya qurban yang jatuh pada 12 September ini. Bersama beberapa donatur, KAMMI Kaltim melalui divisi Korp Reaksi Cepat (KRC) KAMMI Kaltim menyelenggarakan aksi sosial berupa pemotongan hewan qurban di Desa Bendungan Benanga Samarinda.

Masyarakat dan relawan KRC KAMMI Kaltim menunaikan shalat ied bersama sebelum melakukan penyembelihan hewan kurban. Terhitung 3 ekor sapi yang merupakan sumbangan dari warga dan beberapa donatur melalui DPU Samarinda disembelih bersama untuk dibagikan kepada 300 KK di rt. 28, 29, 30 dan 31 yang tergabung dalam 1 masjid yang direnovasi di Desa Benanga. Setelah proses penyembelihan, masyarakat bersama-sama relawan KRC memasak daging qurban sebagai jamuan makan siang bersama.

“Selama ini kami melihat semangat berqurban masyarakat Samarinda khususnya di daerah kota cukup tinggi dan penyaluran daging qurban terkonsentrasi hanya di daerah perkotaan saja,” ujar Samsul Alam. Ketua KAMMI Kaltim tersebut menambahkan, masyarakat di pinggiran Kota masih banyak yang belum merasakan manfaat dari hewan qurban. Sehingga dalam momentum hari raya Idul Adha tahun ini, KAMMI Kaltim berinisiatif menyalurkan hewan qurban di daerah pinggiran kota seperti Desa Benanga agar semua masyarakat khususnya masyarakat menengah kebawah bisa merasakan kebahagiaan yang sama dalam menikmati hewan qurban.

Selain itu, pemilihan Desa Benanga sebagai lokasi penyaluran telah melalui tahap survei yang cukup panjang yang dilakukan oleh relawan KRC. “Sekitar 7-10 kali kami melakukan perjalanan ke Desa Benanga untuk memeriksa keadaan lingkungan setempat sekaligus bertemu dan mengumpulkan data warga di para Ketua RT,” ujar Exzy. Ketua KRC KAMMI Kaltim tersebut juga mendapati sebuah masjid yang dibangun warga setempat dalam kondisi belum terselesaikan pembangunannya. “Kami juga berharap kedatangan kami dan tim bisa menjadi jalan perbaikan infrastruktur, khususnya tempat ibadah bagi masyarakat muslim disana,” lanjutnya.

Exzy mengakui dengan terjun langsung melakukan prosesi qurban, dirinya dan kawan-kawan dapat belajar langsung tata cara pemotongan dan pembagian hewan qurban di lingkungan masyarakat. “Tentunya kami ingin keberadaan kami tidak hanya memberikan manfaat bagi lingkungan sekitar, tetapi juga bagi kami pribadi dalam konteks pembelajaran,” harapnya. Alumni Universitas Mulawarman tersebut berharap KRC dapat terus melakukan aksi-aksi positif yang bermanfaat di tengah krisis sosial yang melanda.

1 Comment

  1. Exzy says:

    mari Peduli

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Bergabung