KAMMI Tanggap Bencana

Benar?
December 6, 2017
Surat Cinta dari Langit
December 7, 2017


Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi orang lain

Indonesia sedang mengalami siaga bencana. Bencana sudah melanda di beberapa wilayah di Indonesia. BNPB menyatakan bahwa dampak siklon tropis Cempaka telah menyebabkan bencana banjir, longsor, dan puting beliung yang di wilayah Jawa, tetapi DI Yogyakarta, Wonogiri, Pacitan, dan Ponorogo adalah daerah yang paling terdampak karena berjarak paling dekat dengan siklon tropis Cempaka. Data sementara yang dihimpun Posko BNPB, bencana tersebut terjadi di Kabupaten Situbondo, Sidoarjo, Pacitan, Wonogiri, Ponorogo, Magetan, Serang, Cilacap, Sragen, Boyolali, Trenggalek, Sukabumi, Purworejo, Magelang, Tulungangung, Semarang, Klaten, Malang, Wonosobo, Klungkung, Kota Yogyakarta, Gunung Kidul, Kulon Progo, Sleman, Bantul, Kudus, dan Sukoharjo.

Dampak siklon Cempaka yang memicu 114 titik kerusakan di Yogyakarta, Pacitan, dan beberapa wilayah di Jawa Tengah (27/11) menyebabkan banjir, longsor, dan angin kencang. Kini siklon tropis Dahlia lahir di barat daya Bengkulu (BMKG 29/11). Diprediksi, imbas dari Badai Dalia akan menyasar ke wilayah Pesisir Barat Bengkulu sampai Lampung, Banten, DKI Jakarta, dan Jawa Barat.  Intensitas hujan di wilayah tersebut akan lebih deras dari biasanya, bahkan sangat lebat.

Kebutuhan pengungsi saat ini :

  • Sukabumi : Bantuan logistik untuk korban longsor
  • Bandung : Evakuasi dan bantuan logistik untuk korban banjir dan longsor
  • Pacitan : sekitar 1500 orang mengungsi, evakuasi dan bantuan logistik untuk korban banjir dan longsor.
  • Yogyakarta : sekitar 1000 orang mengungsi, evakuasi dan bantuan logistik untuk korban banjir dan longsor.
  • Bali : 43.028 orang mengungsi, dapur umum, bantuan masker, trauma healing, dan pelayanan kesehatan untuk korban erupsi Gunung Agung.

Kebutuhan pengungsi :

  1. Makanan siap saji (dapur umum)
  2. Alas tidur (kasur dan selimut)
  3. Air mineral
  4. Air bersih
  5. Pakaian
  6. Asupan gizi
  7. Personal hygiene
  8. Layanan medis dan obat-obatan

Mengingat kondisi memprihatinkan ini, Tim Korps Respon Cepat (KRC) akan terjun langsung untuk melakukan galang dana di jalan-jalan Kota Samarinda. Masyarakat yang tak menjumpai tim KRC pada aksi galang dana, dapat memberikan sumbangannya dengan melalui Rekening Bank Syariah Mandiri (BSM) 7082675145 a.n PW KammiKaltim. Konfirmasi transfer pengiriman ke Bhakti  (0822 3009 1921). Masyarakat dapat pula mengakses berita pergerakan tim KRC pada berita musibah dan bencana sebelumnya melalui website  kammikaltimkaltara.com

 

#PrayForIndonesia

#KAMMI

#BergerakBersamaMembantuSaudara

#RumahKAMMIPeduli

#Korps Respon Cepat

#UntukIndonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Bergabung