“Resolusi Untuk Menjayakan Indonesia Menuju Tahun 2045” “Pendidikan Awal Dari Segalanya”

Marak Bom Bunuh Diri. KAMMI Kaltimtara Turut Berduka Cita & Nyatakan Sikap
May 14, 2018
[STOP] TERROR !
May 18, 2018

“Resolusi Untuk Menjayakan Indonesia Menuju Tahun 2045”

“Pendidikan Awal Dari Segalanya”

 

Berbicara resolusi atau opini, begitu banyak sebenarnya solusi yang sudah ditawarkan namun solusi yang ditawarkan hanya menjadi  pembahasan diskusi yang tak di eskusi selama ini. Kemunculan wacana Indonesia menuju generasi emas tahun 2045 tidak lain adalah, fakta di tahun 2045 Indonesia akan menginjak abad pertama semenjak proklamasi kemerdekaanya tahun 1945 lalu. Dipengaruhi oleh kecenderungan manusia yang sangat gemar pada nilai keindahan dan kebanyakan dari kita pasti setuju bahwa angka 100 memiliki keindahan dan keunikannya sendiri (serta budaya Indonesia yang masih kental dengan unsur mistis tentunya) munculah sebuah ide bahwa generasi Indonesia pada tahun 2045 harus dan akan menjadi (minimal) awal mula “generasi emas” bangsa Indonesia.

Menuju generasi emas memerlukan orang-orang yang sangat peduli terhadap bangsa Indonesia. Pertanyaanya siapa kah orang tersebut??? Jawabannya mereka adalah Mahasiswa/I yang mempunyai peran penting dalam mejayakan Indonesia menuju tahun 2045 dan  mahasiswa adalah generasi muda yang mempunyai identitas sebagai insane yang religious, insan dinamis, insan sosial dan insan yang mandiri.

Seorang mahasiswa memiliki beberapa peran, dalam memperdalam dan mengembangkan diri dalam bidang keilmuan untuk memikul tanggung jawab intelektualnya. Merupakan dinamisator perubahan masyarakat menuju perkembangan yang lebih baik., dan control terhadap perubahan social yang sedang berlangsung. Saya melihat apabila ada pemuda yang berpikir untuk melakukan suatu kontribusi harus memiliki visi tentang peradaban Indonesia masa depan, jadi ada mimpi yang kemudian mimpi tersebut ditawarkan kepada bangsa Indonesia.

Adapun janji-janji kemerdekaan adalah mengantarkan pada kecerdasan, mengantarkan pada kesejahteraan dan Indonesia akan memiliki peran dalam dunia global. Saya membayangkan apabila adanya suatu usaha kolektif pemuda-pemuda Indonesia dengan visi yang jelas dan dalam perencanaan (time frame) yang bagus, apabila kita mematok pada tahun 2045 yang dimana tepat 100 tahun kemerdekaan Indonesia harus sudah lunas seluruh janji-janji kemerdekaan Indonesia. Saya yakin apabila hal tersebut tercapai maka rakyat Indonesia akan merasakan bahwa betapa bermanfaatnya menjadi bangsa Indonesia.

Menuju Indonesia emas 2045 adalah masa depan yang baru akan terjadi 30 tahun mendatang. Mengapa pada tahun 2045? Karena dalam kurun waktu tersebut Indonesia sudah sangat produktif, sangat berharga, dan bernilai, sehingga perlu di kelola dan di manfaatkan dengan baik agar berkualitas menjadi insan yang berkarakter, insan yang kompetitif, serta menjadi bonus demografi.  Seorang mahasiswa dengan giat dan bersemangat menempuh pendidikan perkuliahan dengan sepenuh hati dalam upaya pencerdasabn generasi muda bangsa yang nantinya menjadi iron stock bagi kemimpinan di negeri ini. Dan itu adalah sebuah keharusan dalam pelaksanaan progres bangsa.

Menurut saya resolusi yang tepat adalah Melalui pendidikan, dari pendidikan derajat bangsa Indonesia akan naik dan dengan pendidikan pula cita-cita Indonesia menjadi bangsa yang cerdas dan berkarakter akan terbentuk dengan lebih mudah.  Aspek pendidikan menjadi sebuah landasan digagasnya program Indonesia emas 2045 yang bertepatan dengan 100 tahun kemerdekaan Indonesia.

Nama : Nira Arisa

Prodi : Pendidikan Fisika/HIMAPFIS

Fakultas : KIP MIPA UNMUL/2015

Kader : KAMMI KOMSAT UNMUL

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Bergabung