GERCEP Kaltim Gelar Sosialisasi Pemilih Pemula, Ini Materi Yang Disampaikan

MEMAKNAI PERJALANAN : Duduk Sejenak, Lihatlah Lebih Dekat!
May 28, 2018
Memenangkan Ramadhan, Sejarah akan Berulang!
June 7, 2018

Gerakan Cerdas Pemilu (GERCEP) KALTIM hadir sebagai solusi edukasi pencerdasan politik dengan masif mensosialisasikan pentingnya memilih pemimpin dan menggaungkan “Anti Golput” kepada seluruh kalangan terutama anak muda yaitu “Pemilih Pemula”, khususnya tentang pilgub, pilkada, dan pemilu.

Dengan masifnya aksi pencerdasan dan sosialisasi ini diharapkan pemilih pada tahun 2018 bisa meningkat dengan pesat. Teguh  (Gercep Kaltim) menambahkan “Pemilih pemula adalah salah satu elemen yang berpotensi menyumbang angka golput  meninggi, maka perlu prioritas yang lebih kepada pemilih pemula, mereka hanya perlu pola pendekatan yang sedikit berbeda”.

Potensi pemilih pemula dan pemuda yang cukup besar, diharapkan bisa menyumbang suara dalam pesta demokrasi Indonesia pada 2014. Untuk itu, Komisi Pemilihan Umum (KPU) bekerja sama dengan organisasi mahasiswa mengadakan sosialisasi pemilihan umum kepada pemilih pemula dan pemuda.

Kemarin (Kamis, 24/5/2018) GERCEP KALTIM mengadakan kegiatan Sosialisasi di SMAN 14 Loa Bakung Samarinda dengan peserta  lebih dari 120 an siswa. Sosialisasi ini merupakan kegiatan yang ketiga dengan sosialisasi pertama kali pada Senin, 14 Mei 2018 telah terlaksana di SMAN Plus Melati yang terletak dijalan A. Yani dan Selasa, 15 Mei 2018 telah terlaksana di SMAN 6 Palaran Samarinda yang terletak dijalan Trikora dengan yang dihadiri hampir 100 siswa.

Harish Jundana berkata “Dulu sistem politik yang dianut Indonesia tidak memungkinkan bagi rakyat Indonesia memberikan hak suaranya, dengan perubahan sistem politik itu kita bersyukur karena benar2 dari rakyat, oleh rakyat, dan untuk rakyat. Keterlibatan generasi pemula adalah generasi penentu karena jumlahnya yang sangat besar.” pungkasnya.

Menjalankan nalar berpikir para siswa untuk mencari tahu siapa dan apa track record pasangan calon. Sosialisasi berlangsung untuk menjadi sebuah penjaringan dalam melakukan control sosial di lingkungan terdekat dan menjadi pelopor untuk mengajar orang – orang di lingkungan sekitar untuk sama-sama menjadi pemilih yang cerdas dan bermoral.

Sementara Trian salah satu siswa SMA N 14 berpesan “Kita sebagai pemilih jangan sampai golput kita harus pilih yang terbaik untuk Kaltim ke depan, ia mengaku senang dengan acara ini karena ada sesi tanya jawab dan simulasi sehingga bisa menambah ilmu mereka tentang pemilu”.

Sosialisasi ditutup dengan simulasi pencoblosan di TPS, dan memastikan namanya masuk dalam DPT. Siswa  turut membantu menjalankan asas-asas pemilihan umum, turut melaporkan bila ada kecurangan yang terjadi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Bergabung