Indonesia Kita

ISLAM DAN PATRIOTISME KEBANGSAAN :TANTANGAN UNTUK GENERASI MUDA
July 27, 2018
Mengawal Transisi Kepemimpinan 2019
July 27, 2018

Oleh : Aisyah

(Kebijakan Publik KAMMI Samarinda)

Assalamualaikum Wr.Wb

Hidup Mahasiswa!

Hidup Rakyat Indonesia!

Republik Indonesia yang terletak di Asia Tenggara dilalui oleh garis khatulistiwa. Berada antara 2 benua dan 2 samudra. Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia dengan 17.504 pulau. Dengan populasi 266 juta jiwa menempati urutan negara dengan penduduk terbesar ke empat di dunia. Kemudian menjadi negara dengan penduduk muslim terbesar walaupun Indonesia bukan negara islam. Dan Indonesia adalah daerah tropis yang subur. Dalam perumpamaan “Bila melempar sebuang tongkat akan menjadi tumbuhan di tanah air Indonesia.”

Bila dilihat permukaan Indonesia sudah sangat mencerminkan kekayaan alam yang dimiliki dari tumbuh-tumbuhan kemudian keanekaragaman hayatinya begitu melimpah. Indonesia yang merupakan paru-paru dunia, kedua setelah hutan amazon, jika hutan Indonesia seluruhnya dibakar, dijamin dunia akan kehilangan 50% kadar oksigen, lautan yang sangat luas menjadikan negeri inI tidak akan kekurangan persediaan ikan. Tanah subur yang sangat melimpah yang belakangan dijadikan tempat untuk para pemodal. Dan itu yang terlihat dari segi permukaan. Jika dilihat dalamnya, apakah sama dengan permukaannya? Ternyata dalamnya juga memiliki kekayaan yang sangat melimpah minyak bumi, timah, gas alam, nikel, kayu, bauksit, tanah subur, batu bara, emas, dan perak terdapat di Indonesia.

Potensi minyak bumi di Kalimantan Timur mencapai 1,78 Milyar barel atau sekitar 13 % dari total cadangan nasional. Dan bisa dihisap sampai 15 tahun kedepan. Jika dianalogikan dalam bentuk hitungan dengan nilai kekayaan itu bila di uangkan. Minyak bumi yang berjumlah mencapai 1.780.000.000 barel dengan harga sekira US$ 80. Yang didapat sekitar 14.240.000.000.000 US$. Kalau di rupiahkan dengan kurs 14.500 per dolar nilai yang muncul 206.481 triliyun rupiah. Dengan uang segitu akan bisa membayar hutang Indonesia sebanyak 568 kali, bila di asumsikan hutang Indonesia sekarang 4277 triliun.

Harta yang terkandung dalam rahim Indonesia benar – benar melimpah ada padat, cair dan gas. Persediaan batu bara Indonesia adalah 5.370.000.000 ton. Berarti bila harga per ton 127,5 dollar maka 684.675.000.000 bila di rupiahkan menjadi 6.162.075.000.000.000 , berarti kalau dirupiahkan menjadi 616207 triliyun rupiah, dan bila kita analogikan lagi uang tersebut bila dijejerkan bisa 229 kali bolak balik dari bumi kebulan yang berjarak 384.403 km. Itu baru saja dari faktor batubara, belum minyak bumi dan gas alam. Bila dihitung maka kekayaan Indonesia akan bisa membayar seluruh hutang negara yang ada di asia.

Kemudian mengapa dengan kekayaan melimpah Indonesia masih dilanda kemiskinan? Pemerintah masih mau menjual berbagai BUMN milik Negari ini, kemudian Pertamina masih mengalami kerugian hingga 3.9 triliun, belum lagi BPJS juga mengalami kerugian sebesar 10 triliun, juga PLN mengalami kerugian hingga 6 triliun, juga TOL yang baru dibangun akan dijual.

Padahal bukan hanya SDA yang melimpah, melainkan SDM yang juga bertumpukkan di negeri ini, terutama kalangan pemuda nya,  hanya saja Pemerintah yang kurang memberikan ruang kepada pemudanya malah memberikan ruang kepada pemuda dari luar negeri .

Sebenarnya ada apa dengan pemangku kebijakan negeri ini, apakah sehat saja?. Jika pemerintah paham bagaimana mengolah negara ini sudah bisa dipastikan negera ini akan menjadi negera yang maju bukan lagi menjadi negara yang yang berkembang, sayangnya pemikiran-pemikiran  itu belum fokus dan maksimal untuk mengabdi pada negara ini.

” Jangan tanyakan apa yang sudah negara ini berikan kepada kamu, tapi tatakan apa yang sudah kamu berikan untuk negara ini”  -Ir.Soekarno-

Samarinda, 25 Juli 2018

(Rilis Tugas Sekolah Politik KAMMI (KEPOin KAMMI Batch 1.0)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Bergabung