KAMMI Bersama Palu

Kecam Tindakan Represif Aparat KAMMI Kaltimtara menyatakan Sikap
September 22, 2018
“Transisi Kepemimpinan, Eksistensi atau Substansi?”
October 11, 2018

#PrayForPalu

“Tidak ada suatu musibah pun yang menimpa seseorang kecuali dengan izin Allah, dan barangsiapa yang beriman kepada Allah niscaya Dia akan memberi petunjuk kepada hatinya. Dan Allah Maha Mengetahui segala sesuatu (Qs. At Taghaabun : 11)

 

Sekitar pukul 17.02.44 WIB terjadi gempa bumi dengan kekuatan 7,7 Magnitudo dengan kedalaman 10 km, berlokasi di 0.18 LS dan 119.85 BT atau berpusat di 26 km Utara Donggala, Sulawesi Tengah. Menurut laporan BMKG, gempa bumi ini berpotensi menimbulkan tsunami dengan level tertinggi SIAGA di Donggala Barat dengan estimasi ketinggian gelombang tsunami 0,58 m dan estimasi waktu tiba 17.22.43 WIB sehingga BMKG mengeluarkan Peringatan Dini Tsunami (PDT).

Setelah dilakukan pengecekan terhadap hasil observasi tide gauge di Mamuju, tercatat adanya perubahan kenaikan muka air laut setinggi 6 cm pukul 17.13 WIB. Berdasarkan hasil update mekanisme sumber gempa yang bertipe mendatar (strike slip) dan hasil observasi ketinggian gelombang tsunami, serta telah terlewatinya perkiraan waktu kedatangan tsunami maka Peringatan Dini Tsunami (PDT) ini diakhiri pada pukul 17.36.12 WIB. Namun beredar video di instagram, bahwa terjadi tsunami hingga mencapai 4 meter.

Bencana Alam ini pun turut disaksikan langsung oleh seorang kader KAMMI Kaltim Kaltara yang sedang berada di Palu yaitu Akh Muhammad Risky Noprisal, beliau menceritakan bencana ini melalui story whatsapp. Menurut kesaksian beliau, gempa mulai dirasakan pada siang hari dan terjadi tsunami kecil di pinggir pantai hingga ke jalan raya, tampak pula pusat perbelanjaan seperti mall dan beberapa rumah ibadah dan rumah warga hancur. Begitu pula dengan beberapa jembatan yang roboh dan hancur. Gempa susulan terus terjadi hingga sekarang walau dengan guncangan yang kecil, guncangan terbesar dirasakan sesaat sebelum masuk waktu sholat maghrib.

Berdasarkan hasil monitoring BMKG, hingga pukul 18.21 WIB telah terjadi 7 gempabumi susulan yang tercatat, dengan magnitude masing-masing M6,3; M6,2; M6,2; M4,7; M5,6; M5,0 dan M6.1. BMKG hingga saat ini terus memonitor perkembangan gempabumi susulan dan hasilnya akan diinformasikan kepada masyarakat melalui media Hingga saat ini sudah ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut. Berdasarkan data sementara dari BPBD Kabupaten Donggala tercatat 1 orang meninggal dunia, 10 orang luka-luka dan puluhan rumah rusak. Korban tertimpa oleh bangunan yang roboh. Guncangan gempa yang berpusat di 26km Utara Donggala, Sulawesi Tengah ini dirasakan di Toli-Toli II SIG-BMKG (V MMI); Donggala II SIG-BMKG (IV MMI); Gorontalo, Poso, dan Palu II SIG-BMKG (III-IV MMI); Majene dan Soroako II SIG-BMKG (III MMI); Kendari, Kolaka, Konawe Utara, Bone, dan Sengkang II SIG-BMKG (II-III MMI); Kaltim Kaltara II SIG-BMKG(II – III MMI); Makassar, Gowa, dan Toraja I SIG-BMKG (II MMI).

Menurut BMKG penyebab gempabumi dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktifitas sesar Palu Koro. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa ini, dibangkitkan oleh deformasi dengan mekanisme pergerakan dari struktur sesar mendatar (Slike-Slip). Masyarakat diminta Agar tetap tenang dan mengikuti arahan BPBD setempat, serta informasi dari BMKG. Jangan terpancing oleh isu yang tidak bertanggungjawab mengenai gempabumi dan tsunami, agar tetap waspada dengan kejadian gempa susulan yang pada umumnya kekuatannya semakin mengecil.

            KAMMI Kaltim Kaltara mengajak seluruh pengurus, kader KAMMI serta seluruh masyarakat Indonesia untuk mendoakan keselamatan untuk saudara-saudara kita yang ada di Sulawesi Tengah. Semoga Allah Subhanahu Wa Ta’ala melindungi saudara-saudara kita yang sedang terkena musibah dan melindungi negeri ini.

Yaa Allah, Engkau adalah Rabbku, tidak ada ilah yang berhak diibadahi dengam benar selain Engkau. Engkau yang menciptakan aku dan aku adalah hamba-Mu. Aku menetapi perjanjian-Mu dan janji-Mu sesuai dengan kemampuanku. Aku berlindung kepada-Mu dari keburukan perbuatanku, aku mengakui nikmat-Mu kepadaku dan aku mengakui dosaku kepada-Mu, maka ampunulah aku. Sebab tidak ada yang dapat mengampuni dosa selain Engkau

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Bergabung