Kajian Kewirausahaan : Siapkan Mental Pebisnis KAMMI

Kammikaltim.com. Sebanyak 50 peserta menggenapi ruang lantai 2 Gedung Bundar Fakultas Pertanian Universitas Mulawarman pada Jumat (29/8) lalu. Para peserta yang terdiri dari wirausahawan muda se-Samarinda tersebut berkumpul dalam agenda Kajian Kewirausahaan yang diselenggarakan oleh KAMMI Kaltim.

Ini merupakan kedua kalinya KAMMI Kaltim (Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia Kalimantan Timur) menggagas kajian kewirausahaan. Sebagai pemateri, diperani oleh Zainal Afandi yang kini menggeluti empat profesi maupun bidang usaha. Diantaranya, pemilik Aulia Tailor, TK Primagama Samarinda, Manajer PT. Geoservices dan Direktur Utama PT. Alta Bumi Indonesia.

Mantan Ketua Komunitas Tangan Di Atas (TDA) daerah Samarinda tersebut banyak memberikan motivasi berwirausaha pada peserta. “Intinya adalah membangun mental pebisnis. Jangan pernah mengecilkan hati hanya karena mimpi yang terlalu tinggi atau belum bisa menjelaskan cara menggapainya,” tutur Zainal.

Zainal banyak berpesan bahwa masa kuliah adalah waktu yang tepat untuk mendidik mental berwirausaha. “Jangan gampang putus asa dan bergonta ganti usaha ketika menemui konflik. Justru dari masalah-masalah tersebut, kita belajar mengenai sendi-sendi berwirausaha,” lanjutnya.

Diterangkan Zultoni, selaku Ketua BEK (Badan Eksekutif Keuangan) KAMMI Kaltim, kajian kewirausahaan diadakan untuk memfasilitasi kader yang memiliki minat dalam bidang wirausaha. “Kami juga mengundang lembaga-lembaga dakwah kampus dalam kajian kewirausahaan agar dapat mencapai kemandirian finansial bersama-sama,” terangnya.

Dalam kajian kewirausahaan, para peserta berkesempatan mendiskusikan perkembangan usaha masing-masing. Selanjutnya, para peserta akan dibagi dalam beberapa kelompok kecil untuk pembinaan yang intens terkait bidang kewirausahaan. Terakhir, Zainal menyampaikan bertahannya sebuah usaha bergantung pada mental wirausahawan tersebut.

Sep 5, 2014 - Posted by kammi - No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *