KAMMI Silaturahim ke Dinas Sosial Kalimantan Timur

Dokumentasi Media PW KAMMI Kaltimtara

kammikaltimkaltara.com – Samarinda, 12 Januari 2021. Hubungan Masyarakat Pengurus Wilayah Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (Humas PW KAMMI KALTIMTARA) telah melaksanakan silaturahim ke Dinas Sosial Kalimantan Timur (Dinsos Kaltim) pada Selasa, 12 Januari 2021 pukul 14.00-15.00 WITA di jalan Basuki Rahmat, Samarinda (Kantor Dinas Sosial Kalimantan Timur).

Silaturahim tersebut diwakili Pengurus Wilayah oleh Dian Chandra, Dedy Nur, Najar Ruddin Nur R, dan Mu’minah Alam Syahidah. Pertemuan tersebut disambut oleh bapak H. M. Agus Hari Kesuma, SE., MM., M.Si selaku Kepala Dinas Sosial Kalimantan Timur dan bapak M. Yusuf selaku Sekretaris Dinas Sosial Kalimantan Timur.

Ketika memasuki ruangan, disambut hangat oleh Kepala Dinsos Kaltim (panggilan hangatnya bapak AHK).

Bapak Agus Hari Kesuma (AHK) membuka langsung silaturahim tersebut dengan salam dan memberikan pertanyaan kepada kami. “Hal apa saja yang ingin ditanyakan, sebutkan saja, kami akan jelaskan”, ujar bapak AHK.

Chandra (Staf Humas) membuka dengan salam, ucapan terima kasih serta memberikan pertanyaan seputar bantuan sosial 2021. Selanjutnya, dilanjutkan oleh Najar (staf Humas) juga menanyakan terkait program yang sekiranya bisa dijalankan secara bareng oleh Rumah KAMMI Peduli (RKP).

Terakhir, Dedi Nur (Kepala Departemen Media) menanyakan terkait pemerataan pembagian bantuan sosial secara tepat sasaran.

Bapak AHK langsung menjawab dengan gamblang. Pertama, Bantuan Langsung Tunai (BLT) untuk bencana alam dan Pandemi (kejadian luar biasa). BLT bersifat reguler dan Program Keluarga Harapan (PKH). Data bantuan sosial bisa diakses dtks.kemensos.

Kedua, Data-data diproses oleh RT, Kelurahan, Kecamatan, Kabupaten/Kota sampai Dinas Sosial Kalimantan Timur, yang akan dilanjutkan ke Kementerian Sosial Republik Indonesia. Setiap Kecamatan ada 103 Kelurahan dan seribuan relawan yang bergerak membagikan bantuan sosial.

Ketiga, Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) di-update setiap bulan April dan September setiap tahunnya. Jadi, data Non DTKS bisa dimasukan setiap bulan tersebut.

Ke-empat, Bantuan Sosial Masyarakat (BSM) sebesar 18 Miliar dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD). Anggaran tersebut disalurkan melalui rekening.

Dokumentasi Media PW KAMMI Kaltimtara

“Ada 3 hal yang menyebabkan Dinsos Kaltim saat ini belum bisa menyalurkan bantuan sosial tahap II, yaitu penyaluran tidak tepat sasaran, penyaluran lambat, dan data penerima Bantuan Sosial harus diperbaharui”, tutur bapak AHK.

“Menyoal soal korupsi oleh Kemensos dan Dinsos itu berbeda. Kemensos mempunyai wewenang untuk membagi bantuan sosial dan Dinas Sosial hanya meneruskan apa yang diperintahkan” jelas bapak AHK.

“Tambahan soal vaksin. Masyarakat harus memahami bahwa vaksin untuk kesehatan masyarakat yang diprogramkan oleh pemerintah pusat. Jadi, mana ada pemerintah ingin menyakiti rakyatnya”, pungkas bapak AHK.

Pesan untuk Pengurus Wilayah agar ke Dinas Pemuda dan Olahraga Kalimantan Timur (Dispora Kaltim) untuk audience masalah pemuda yang ada di Kalimantan Timur menyangkut permasalahan peningkatan kapasitas pemuda.

Jan 13, 2021 - Posted by kammi - No Comments
Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia Wilayah Kaltim Kaltara 2019-2021

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *