KAMMI Kaltimtara Launching Rumah Kami Peduli dan Dialog Nasional

kammikaltimkaltara.com – Samarinda, PW KAMMI KALTIMTARA telah mengadakan kegiatan virtual yaitu Launching dan Dialog Rumah Kami Peduli dengan tema “Sejuta Hati Bangkitkan Aksi untuk Negeri” yang dihadiri oleh Dinsos Kaltim, BPBD Kaltim, Direktur Pusat, Pimpinan Cabang Dompet Dhuafa Kaltim, Pengurus KAMMI serta undangan seperti Relindo Kaltim, ACT Kaltim, Klinik Jalanan dan Inspirasi Malam, Senin malam (22/2/2021).

Pelantikan Rumah Kami Peduli Kalimantan Timur-Utara (RKP Kaltara) dilantik langsung oleh Refky Abdillah (Direktur RKP Pusat). Beliau memberikan arahan bahwasanya RKP Kaltimtara bisa mengelola organisasi otonom ini dengan mandiri dan bisa berkolaborasi dengan gerakan sosial yang mendukung program pemerintah untuk membantu masyarakat.

Dialog pun berlangsung dengan interaktif, sebagaimana H. M. Agus Hari Kesuma, S.E., MM. M.Si mengatakan bahwa Dinas Sosial Provinsi Kalimantan Timur ini menangani 26 PMKS, dan saya berharap Rumah Kami Peduli ini bisa bekerjasama dengan Dinsos Kaltim yang bisa menanganiapa saja yang belum Dinsos Kaltim tangani.

Selain itu dari pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kalimantan Timur (BPBD) yang diwakili oleh Yasir, S.E, M.Si. Beliau mengatakan BPBD Pusat memberikan arahan kepada daerah untuk membantu masyarakat dan BPBD Daerah memberikan informasi kepada masyarakat untuk sigap dalam bencana.

“Ada 3 tahapan yang dilakukan dalam menghadapi bencana: Pencegahan (mitigasi), tanggap darurat, dan Rehabilitasi serta rekonstruksi” jelas pak Yasir.

“Ada 4 unsur yang berperan dalam bencana yaitu pemerintah, bidang usaha, masyarakat/LSM, dan Lembaga Pendidikan (Research)”, tambah pak Yasir.

Ditambahkan juga oleh bapak Rudy (selaku Kepala Bidang Logistik Bencana) mengatakan juga, kita ini harus satu komitmen dalam menghadapi bencana. Kita juga harus memahami fase bencana agar mengetahui kapan bencana terjadi, dan BPBD tentunya memiliki SOP Tanggap Darurat dalam penanganan bencana. Jadi kami tidak sembarangan dalam hal bekerja.

Hal menarik juga disampaikan oleh Agun Gunawan (Selaku Pimpinan Cabang Dompet Dhuafa Kaltim) yaitu gerakan filantropi mengalami perkembangan berbagai negara di dunia. Gerakan sosial harus banyak membantu masyarakat dan tak perlu menunggu momentum yang terjadi. Tapi cobalah capture masalah sosial yang ada. Kondisi seperti ini membuat gerakan filantropi mengalami perkembangan untuk menghadapi kondisi krisis di Indonesia. Jadi harus cepat adaptasi agar tetap bermanfaat bagi masyarakat.

Ditambahkan juga oleh bang Refky Abdillah tentang sejarah terbentuknya RKP Pusat dan Cara Mengelola RKP. Jadi terbentuknya RKP Pusat berawal dari gerakan sosial dari Komisariat, Daerah dan Wilayah yang terlibat dalam gerakan sosial. Cara mengelolanya belajar dari gerakan sebelumnya dari beberapa daerah yang sudah terbentuk RKP-nya. Selain itu, Finance Technology sebagai solusi saat ini dalam mencari donatur terbaik untuk membantu masyarakat Indonesia.

“PW KAMMI KALTIMTARA menegaskan bahwa RKP KAMMI KALTIMTARA hadir untuk untuk rakyat dan siap berkolaborasi dengan siapapun termasuk Dinas Sosial dan BPBD serta lembaga lainnya,” pungkas Ahmadhmad Imam Syamsuddin (selaku Sekretaris Jenderal).

Feb 26, 2021 - Posted by kammi - No Comments
Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia Wilayah Kaltim Kaltara 2019-2021

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *