Makna Idul Adha

Hay teman-teman apa kabar ?

Gak kerasa  hari agung dan mulia kini menyapa kembali walau masih dalam kabut pandemi.  Idul adha atau hari pengorbanan, begitu banyak yang bisa dimaknai di hari ini yaitu, kesabaran yang diuji, keikhlasan hingga pengorbanan terhadap hal yang sangat dicintai. Kini kisah Nabi Ibrahim dan Ismail berulang kembali. Kisah dua Nabi yang begitu luar biasa yang  mengajarkan kecintaan, kesabaran, pengorbanan dan keikhlasan

Kita semua adalah Ibrahim yang mempunyai Ismail, ismail dapat diartikan apa saja suatu hal yang sangat amat kita cintai dan rela kita korbankan, apa saja itu mungkin ismailmu hartamu, mungkin ismailmu gelarmu, mungkin ismailmu egomu atau apa saja yang sangat kamu cintai. Di hari Agung ini relakanlah itu dengan kesabaran dan keihklasan dihatimu, Allah  tidak memerintahkan Nabi Ibrahim untuk membunuh ismail tetapi membunuh atas rasa kepemilikan Nabi Ibrahim kepada Ismail, karena hakikatnya semua adalah milik Allah.

Allah mengajarkan kepada Nabi Ibrahim sifat tawadhu (rendah hati).  Kamu tidak perlu menjadi Ibrahim dan Ismail sepenuhnya, tapi ambillah makna hari idul adha ini dengan belajar dari kisah Ibrahim dan Ismail, bagaimana kamu mamaknai pengorbanan, keikhlasan, dan yang paling penting makna sabar.

Nabi Ibrahim sangat diuji kesabarannya, penantian akan hadirnya seorang anak yang sudah lama  dinantikan kahadirannya  kemudian turun perintah Allah untuk menyembelihnya. Cinta Ibrahim yang berbalut tauhid, Ibrahim sangat mencintai Allah melebihi segalanya, maka dari sinilah kisah pengujian cinta yang membutuhkan pengorbanan dan keikhlasan. Kemudian belajar dari ketabahan Ismail yang sejak kecil sudah jauh dari ayahnya ditinggalkan ditempat yang dapat dikatakan tidak ada kehidupan. Inilah idul adha tentang keikhlasan dan kesabaran, ditengah pandemi ini berat memang untuk bisa memaknai kedua hal tersebut, tetapi bersabarlah karena tidak mungkin Allah menurunkan sesuatu tanpa ada kebaikan didalamnya. Selamat Idul Adha  dan tetap semangat  untuk terus upgrade diri menjadi lebih baik lagi.

Jul 21, 2021 - Posted by kammi - No Comments
Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia Wilayah Kaltim Kaltara 2019-2021

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *