Profil


About KAMMI KALTIMTARA

KAMMI adalah organisasi kepemudaan yang hadir karena keresahan mahasiswa di penghujung masa orde baru. Mahasiswa sebagai agent of change memiliki tanggung jawab moral menjawab krisis multidimensi yang terjadi. Wujud cinta terhadap negeri ini secara kongkrit dituangkan dalam bentuk wadah ideologis bernama KAMMI, Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia.

Berdiri pada tanggal 29 Maret 1998 bertepatan dengan 1 Dzulhijah 1418 H, KAMMI melakukan berbagai pergerakan massif dalam momentum lengsernya Presiden Soeharto yang sekaligus menandai era baru atmosfer demokrasi negeri ini, reformasi. Hingga saat ini, KAMMI masih terus menjadi roda perjuangan pemuda yang konsisten menyuarakan aspirasi rakyat sekaligus melakukan perbaikan-perbaikan di berbagai sektor, ekonomi,sosial, politik, pendidikan dan kesehatan. Kami berharap, langkah ini akan terus mendapat dukungan positif dari pemerintah demi terwujudnya Indonesia Emas yang dicita-citakan. (Catatan Pergerakan Indonesia 1998)

KAMMI Wilayah Kalimantan Timur-Kalimantan Utara berdiri pada tahun 2013 setelah sebelumnya bernama KAMMI daerah KALTIM. Selanjutnya KAMMI Kalimantan Timur-Kalimantan Utara disederhanakan diksinya menjadi KAMMI KALTIMTARA. KAMMI KALTIMTARA merupakan Organisasi tingkat provinsi yang mempunyai cabang di berbagai kabupaten dan kota di Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara. KAMMI KALTIMTARA sebagai Organisasi pemuda, memiliki peran yang penting dalam mengawal pembangunan serta menjadi mitra strategis pemerintah dalam menyongsong kebangkitan yang dicita-citakan masyarakat Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara.

Dengan tagline utama Jayakan Indonesia, Kemudian Sepenuhnya Indonesia, KAMMI Ingin Membawa narasi ini tumbuh di jiwa-jiwa pemuda indonesia agar semangat dan cinta untuk berbangsa yang satu, bertanah air yang satu, serta berbahasa yang satu bahasa Indonesia, akan tumbuh dan berkembang menjadi pribadi masyarakat Indonesia dimanapun berada untuk membangun dan men-Jayakan Indonesia.

Salam, Muslim Negarawan ..

Visi

KAMMI merupakan wadah perjuangan  permanen yang akan melahirkan kader-kader pemimpin masa depan yang tangguh dalam upaya mewujudkan masyarakat Islami di Indonesia.

Misi

  • Membina keislaman, keimanan, dan ketaqwaan mahasiswa muslim Indonesia
  • Menggali, mengembangkan, dan memantapkan potensi intelektual, sosial, dan politik mahasiswa.
  • Mencerahkan dan meningkatkan kualitas masyarakat Indonesia menjadi masyarakat yang rabbani, madani (civil society)
  • Memelopori dan memelihara komunikasi, solidaritas, dan kerjasama mahasiswa Indonesia dalam menyelesaikan permasalahan kerakyatan dan kebangsaan.
  • Kerjasama antar elemen masyarakat dengan semangat membawa kebaikan, menyebar manfaat, dan mencegah kemungkaran (amar ma`ruf nahi munkar).

Prinsip Gerakan 

  • Kemenangan Islam adalah jiwa perjuangan KAMMI
  • Kebathilan adalah musuh abadi KAMMI
  • Solusi Islam adalah tawaran perjuangan KAMMI
  • Perbaikan adalah tradisi perjungan KAMMI
  • Kepemimpinan umat adalah strategi perjuangan KAMMI
  • Persaudaraan adalah watak muamalah KAMMI

Kredo KAMMI

  • Kami adalah orang-orang yang berpikir dan berkendak merdeka. Tidak ada satu orang pun yang bisa memaksa kami bertindak. Kami hanya bertindak atas dasar pemahaman, bukan taklid, serta atas dasar keikhlasan, bukan mencari pujian atau kedudukan.
  • Kami adalah orang-orang pemberani. Hanyalah Allah yang kami takuti. Tidak ada satu makhluk pun yang bisa menggentarkan hati kami, atau membuat kami tertunduk apalagi takluk kepadanya. Tiada yang kami takuti, kecuali ketakutan kepada selain-Nya.
  • Kami adalah para petarung sejati. Atas nama al-haq kami bertempur, sampai tidak ada lagi fitnah di muka bumi ini. Kami bukan golongan orang yang melarikan diri dari medan pertempuran atau orang-orang yang enggan pergi berjihad. Kami akan memenangkan setiap pertarungan dengan menegakkan prinsip-prinsip Islam.
  • Kami adalah penghitung risiko yang cermat, tetapi kami bukanlah orang-orang yang takut mengambil risiko. Syahid adalah kemuliaan dan cita-cita tertinggi kami. Kami adalah para perindu surga. Kami akan menyebarkan aromanya di dalam kehidupan keseharian kami kepada suasana lingkungan kami. Hari-hari kami senantiasa dihiasi dengan tilawah, dzikir, saling menasehati dalam kebenaran dan kesabaran, diskusi-diskusi yang bermanfaat dan jauh dari kesia-siaan, serta kerja-kerja yang konkret bagi perbaikan masyarakat.Kami adalah putra-putri kandung dakwah, akan beredar bersama dakwah ini ke mana pun perginya, menjadi pembangunnya yang paling tekun, menjadi penyebarnya yang paling agresif, serta penegaknya yang paling kokoh.
  • Kami adalah orang-orang yang senantiasa menyiapkan diri untuk masa depan Islam. Kami bukanlah orang yang suka berleha-leha, minimalis dan loyo. Kami senantiasa bertebaran di dalam kehidupan, melakukan eksperimen yang terencana, dan kami adalah orang-orang progressif yang bebas dari kejumudan, karena kami memandang bahwa kehidupan ini adalah tempat untuk belajar, agar kami dan para penerus kami menjadi perebut kemenangan yang hanya akan kami persembahkan untuk Islam.
  • Kami adalah ilmuwan yang tajam analisisnya, pemuda yang kritis terhadap kebatilan, politisi yang piawai mengalahkan muslihat musuh dan yang piawai dalam memperjuangkan kepentingan umat, seorang pejuang di siang hari dan rahib di malam hari, pemimpin yang bermoral, teguh pada prinsip dan mampu mentransformasikan masyarakat, guru yang mampu memberikan kepahaman dan teladan, sahabat yang tulus dan penuh kasih sayang, relawan yang mampu memecahkan masalah sosial, warga yang ramah kepada masyarakatnya dan responsif terhadap masalah mereka, manajer yang efektif dan efisien, prajurit yang gagah berani dan pintar bersiasat, prajurit, diplomat yang terampil berdialog, piawai berwacana, luas pergaulannya, percaya diri yang tinggi, semangat yang berkobar tinggi.

Paradigma Gerakan

  • KAMMI adalah gerakan da’wah tauhid
  • KAMMI adalah gerakan intelektual profetik
  • KAMMI adalah gerakan sosial independen
  • KAMMI adalah gerakan politik ekstraparlementer

 

Pengurus Wilayah KAMMI KALTIMTARA Periode 2019/2021
“Sepenuhnya Cinta Untuk Indonesia”

 

Ketua Umum : Harish Jundana

 

Sekretaris Jenderal : Ahmad Imam Syamsudin

 

Bendahara Umum : Ramdana Aisyah Safitri A.

 

Biro Kesekretariatan : Mu’minah Alam Syahidah

Anggota :
Istika Ayu Lestari
Ar Roudhotun Nadiyah

Biro Pengembangan Daerah : Ayu Paramita Rizkhi Handayani, S.Pd

Anggota :
Muzakkir Abdul. L
La Kiki
Vicky Renaldi
Muthmainnah
Apriliyana Devi Ariani
Siti Rukmana

Departemen Pembinaan Kader : Satria Kurniawan, S.Pd

Sekretaris :
Radika Hidayati

Anggota :
Hafiz Rizqianur A.
Feri Ahmad Saifudin
Luki Dwi Agung Saputra
Delita Mandasari
Lia Damayanti

Departemen Kebijakan Publik : Selo Putra Bahari

Sekretaris :
Rika Nurul Permatasari

Anggota :
Ahmad fikrianto
Muhammad Zakia Mani
Fahrian
Jumarni, S.Kom
Jesica Oktaviani

Departemen Kewirausahaan : Hardiansah

Sekretaris :
Sri Nor Wulandari

Anggota :

Muhammad Hilham
Masri Adi Putra
Rahmat Hidayat
Sri Lestari, S.P
Wahida

Departemen Media : Dedi Nur, S.Pd

Sekretaris :
Annisa Afiesta

Anggota :
Rahmat Fitriansyah
Andi Aldi Utama
Farhan Namapaji
Ramlan Hidayat
Dita Hayatun

Departemen Humas : Azzahrowaniatul Arham, S.I. Pol.

Sekretaris :
Rondongalo Rismawati

Anggota :
Najar Ruddin Nur R , S.Pd
Aliffiandra Ardiannur Achmad
Dian Chandra Wahyudi
Mita Sari
Rina Elfiana

Departemen Pemberdayaan Perempuan : Yuli Wulandari, S.Pd

Sekretaris :
Indriyanti

Anggota :
Arlyana Almi
Syarifah Fazlah
Agustin Dwi Damayanti

May 15, 2016 - Posted by kammi
Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia Wilayah Kaltim Kaltara 2019-2021

Comments are closed.